Kamis, 04 Agustus 2011

Selamat ulang tahun, pemanasan global!

Diposting oleh Profil CHK di 06.27
by Firman Firdaus on August 10, 2010
Tepatnya dua hari lalu, pemanasan global merayakan ulang tahunnya yang ke-35. Ini bukan sekadar sebagai pertanda bahwa kenaikan suhu global secara signifikan telah berlangsung selama 35 tahun, melainkan juga menandai usia terminologi pemanasan global itu sendiri.
Pada 8 Agustus 1975, Wally Broecker memublikasikan makalahnya “Are we on the brink of a pronounced global warming?” di jurnal Science. Itulah kali pertama, diduga, istilah pemanasan global atau global warming diperkenalkan.

Dalam jurnal tersebut, Broecker juga secara gamblang mengatakan bahwa pemanasan diakibatkan oleh karbon dioksida, dan bakal berdampak pada pertanian dan muka air laut. Prediksi yang sudah kita lihat dan rasakan sekarang: sulitnya menentukan musim tanam dan rusaknya lahan dan panen karena iklim yang tidak menentu dan perubahan pola migrasi hewan-hewan laut hanyalah beberapa contoh yang paling menempel dalam ingatan kita.
Analisis Broecker juga menjawab keraguan orang bahwa pemanasan global bukan tidak dapat diprediksi. Nyatanya, fenomena ini bisa diperkirakan bahkan ketika bukti-bukti empiris berupa rekaman temperatur global belum muncul.
Broecker adalah salah satu ilmuwan iklim besar di abad ke-20. Ada sekitar 400 makalah yang ditulisnya, dan 60 di antaranya masing-masing disebut dalam 100 makalah lain sebagai sumber. Konsentrasi Broecker adalah pada ilmu iklim purba dan geokimia laut.
Ulang tahun ini tentu saja bukan sesuatu yang patut dirayakan dengan sukacita. Sebaliknya, momentum ini menjadi pengingat bahwa Bumi yang kita diami masih berada dalam ancaman yang kita sendiri tidak dapat mengukurnya. Tanpa upaya yang serius dari semua pihak untuk mengurangi dampak pemanasan global dan perubahan iklim, prediksi Broecker rasanya tinggal menunggu waktu.
 (Sumber: Realclimate.com)

Kepenatan, keraguan, kebimbanganmu akan hilang, seiring tilawahmu yang kau baca perlahan.. #karenaQuranAdalahObat

quotes An Nisa San likes


"Setiap hari cinta harus ditumbuhkan dengan berbagai cara. Cinta harus tumbuh menembus semua rintangan. Kuncup-kuncupnya tak boleh merekah semua seketika, untuk kemudian layu. Ranting dan pokoknya harus kuat menjulang. Cinta harus ditumbuhkan sepanjang usia dengan bunga-bunganya yang bertaburan di sepanjang jalan kesetiaan. Jalan yang ditapaki dengan riang di bumi dan semoga kelak mempertemukan kita kembali dengannya di surga"— Helvy Tiana Rosa

Popular Posts

Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(3:31) ^

si unyu

 

Melukis Warna Kalbu Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea