Minggu, 29 April 2012

Ajang Pencarian bakat

Diposting oleh Profil CHK di 08.46

Pada suatu hari yang indah.....

Halah... :D
Hmm selamat malam temen-temen semua, aku sengaja ngucapin selamat malem soalnya ini aku nulisnya malem-malem J
Oiya ada kisah yang ingin aku dokumentasikan J, ini adalah pengalaman yg luar biasa dalam hidupku, kenapa luar biasa??
Tanggal 21-22 april 2012 kemarin aku mengikuti sebuah ajang pencarian bakat , yaitu penulis idol *boong saudara2 :D * hushus ngimpi yakk, jadi yang bener aku ikut pelatihan menulis yang diadakan FLP solo raya, asik lhoo.. walaupun agak mahal :’( lumayan menguras uang jatah makan lah ya 90rbu book...tapi puaslah yah, soalnya aku ngefans beud sama pembicara-pembicaranya, sampai speechless,,,
Langsung aja, pada hari pertama, sesi pertama  ini dimulai dengan pemberian materi dari mbak Deasylawati , bagi yang suka baca novel remaja pasti gak asing sama namanya, seneng banget akhirnya bisa ketemu langsung sama penulis novel best seller ini, diantara novel-novelnya  yang paling aku suka adalah The Prince Of Korea , dari namanya pasti gak ngira kalo novel ini adalah novel islami..  J dalam novel ini meneritakan tentang tentang seorang pangeran muda yang merupakan calon kaisar di Korea. Dia masih berumur 17tahun..Kedua orang tuanya sudah meninggal. Pangeran kabur dari istana karena ingin mengetahui dunia luar seperti apa, Pangeran memiliki pesaing yaitu pamannya yang ingin merebut tahta yang akan diberikan kepada pangeran..Pada akhirnya pangeran bertemu dengan kembarannya dan hidup bahagia di istana.... :D
Hmm tapi mbak deasylawaty disini gak menceritakan tentang isi novelnya lho..hehe aku aja yang semangat cerita J , materi yang disampaikan mbak deasy tentang fiksi dan serba serbinya judul materinya menjadi penduduk dunia lewat karya..menarik bukan??  Inti dari yg disampaikan mbak deasy adalah bagimana kita mengenal fiksi lebih jauh.
Kemudian pembicara yang kedua adalah......






Jeng...jeng...jeeeeengjeeeeng.......dum...dum....
Afifah Afra....
Iaaaah aku ngefans beud sama tulisan-tulisannya, hehe J , diantara karya-karyanya yang paling aku suuuka adalah De Winst. ini novel  agak berat dari segi bahasa, dalam novel ini sangat kental dengan gejolak idealisme. Sangat menggugah semangat pokoknya :D . bagi yang penasaran bisa langsung dicari ditoko buku terdekat, atau pinjem sama temennya :D
Oiya kembali ke topik yaaaah, dalam pelatihan kepenulisan ini, afifah afra memberikan materi tentang “ada apa dengan sebuah novel?? “
Ada yang tau isinya apa?? Hehe, disini pembahasan yang paling menarik buat aku adalah penjelasan tentang cara membuat konflik pada novel, ada triknya lhoh, disini juga diberikan contohnya. Dan akhirnya aku tersadar ternyata buat novel itu susah..haha :D ,
Pada sesi dua,
Pembicara pertama adalah Ust Sholihin Abu Izzudin , siapa dia?? Ada yang kenal??
Hmm beliau adalah penulis buku zero to hero. Oww...baru ngeh ya...hehehe,
Suprise banget ya soalnya dalam bayanganku orangnya gak kocak seperti yang aslinya kemarin yang aku liat, heuheu. Materi yang disampaikan beliau yaitu Mengubah Dunia dengan Cinta , cieee keren yak judulnya,
Kalau anda ingin melihat dunia, membacalah!
Kalau engkau ingin dilihat dunia, menulislah!
Kalau tidak salah satunya apalagi tidak kedua-duanya, lalu apa gunanya?
Sangat inspiratif sekali kata-kata beliau, kalau ada yang berminat minta soft file dan hard file dari semua pembicara boleh minta sama aku yak.. hehe J
Ada kata-kata dari beliau yang menurut aku sangat cocok untuk selalu mengispirasi diri aku yang unik ini “ hargailah diri sendiri kalau ingin sukses” maksudnya adalah kita harus menghargai segala potensi yang kita miliki, kalau bukan kita yang menghargai lantas siapa lagi?? Kita bisa sukses kalau kita bisa mengetaui potensi apa yang ada pada diri kita lalu berusaha untuk mengembangkannya atau mengaktualisasikannya. Jadi bisa dikatakan awal dari kesuksesan adalah dengan menghargai kemampuan diri. Disini aku sadar kalau selama ini aku sering mengganggap diri ini gak mampu, pokoknya apa-apa gak mampu dan merasa ketakutan kalau apa yang aku kerjakan tidak sebaik orang lain, itu malah menjadi senjata yang ampuh buat membunuh potensi yang sebenernya aku miliki, hasil yang aku kerjakanpun jadi gak maksimal, karena dari awal aku merasa gak mampu, dan meyakini kalau aku gak bisa. Itu mindset yang salah dari aku yang sekarang ini berusaha aku perbaiki mati-matian, heuheu J .
Hmm kembali ke materi ,
Materi beliau ini lebih kearah memotivasi kalau menurutku, hihi yang pertama beliau mengatakan bahwa :  DO FIRST: Bekerja yang pertama dan utama untuk Allah
§  Fillah              : karena Allah
§  Ilallah                         : kepada Allah
§  Ridhallah        : meraih ridha Allah
§  Sabiilillah       : di jalan Allah
§  Ta’yidullah     : agar ditolong dan dikuatkan oleh Allah Azza wa Jalla.

Disini beliau menekankan pada tujuan awal kita ingin menjadi seorang penulis.

Pembicara yang kedua pada sesi kedua ini adalah Ust Burhan Shodiq
materi yang disampaikan oleh beliau adalah tentang bagaimana cara mengirim artikel, selain itu beliau juga menceritakan sedikit tentang karya-karya beliau.  diantaranya yang paling aku suka adalah karena cinta harus memilih dan  ya Allah aku jatuh cinta .

sebenernya alasan utama aku ikut pelatihan ini, adalah aku pengen banget ketemu sama penulis-penulis favoritku, untuk menjadi seorang penulis beneran aku rasa aku gak ada bakat kesitu, yang penting ini jadi bekal aja supaya aku bisa belajar menulis, paling tidak untuk diriku sendiri dan impianku J , impianku adalah aku pengen nulis dongeng buat anakku kelak, dongeng yang isinya sesuai dengan nilai nilai agama yang cocok untuk pembentukan karakter anakku kelak, amin.
hmm...di sini aku juga bisa ketemu sama penulis-penulis novel yang aku suka, seneng banget deh,
 cerita untuk hari pertama ini cukup sekian ya, untuk hari kedua, tunggu kelanjutannya,heheheh.......






Kepenatan, keraguan, kebimbanganmu akan hilang, seiring tilawahmu yang kau baca perlahan.. #karenaQuranAdalahObat

quotes An Nisa San likes


"Setiap hari cinta harus ditumbuhkan dengan berbagai cara. Cinta harus tumbuh menembus semua rintangan. Kuncup-kuncupnya tak boleh merekah semua seketika, untuk kemudian layu. Ranting dan pokoknya harus kuat menjulang. Cinta harus ditumbuhkan sepanjang usia dengan bunga-bunganya yang bertaburan di sepanjang jalan kesetiaan. Jalan yang ditapaki dengan riang di bumi dan semoga kelak mempertemukan kita kembali dengannya di surga"— Helvy Tiana Rosa

Popular Posts

Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(3:31) ^

si unyu

 

Melukis Warna Kalbu Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea